Selasa, 13 April 2010

Menghentikan Kegiatan Facebook

Mungkin awal ketertarikan Anda terhadap Facebook dimulai dengan sesuatu yang simpel, yaitu agar tetap terhubung dengan teman-teman Anda, atau menambah jumlah teman Anda di dunia maya. Atau mungkin untuk mengisi waktu luang Anda agar tak bosan. Namun sekarang Facebook sudah menjadi sebuah duri dalam daging Anda, dan mungkin sudah menjadi hal yang bersifat candu. Jika Anda merasa sangat sukar untuk menghabiskan satu jam dari waktu Anda tanpa memikirkan tentang Facebook, mungkin Anda menginginkan sebauh jalan keluar. Maka Inilah jawabannya.

Langkah 1

Akui bahwa Anda memiliki permasalahan dan ingatlah apa-apa yang Anda lakukan dengan Facebook. Setelah semua sesi Facebook yang Anda lakukan, tanyakan pada diri Anda: "Apa yang telah Saya hasilkan dengan melihat Facebook?" Bukankah janggal, mungkin Anda log in hanya untuk melihat apakah Anda telah di poke, atau melihat update profil image teman Anda, menulis note baru, menambahkan daftar lagu baru pada favorite music, dan mengerjakan hal-hal kecil lain yang sebenarnya Anda bisa hidup tanpa melakukannya atau mengetahuinya. Namun semua itu mungkin hal-hal kecil yang membuat Anda terikat. Awalnya Anda mengkonfirmasi teman baru, kemudian Anda menghabiskan sejam waktu Anda untuk melihat semua profil orang-orang yang baru yang terhubung dengan Anda. Mencatat semua aktivitas Facebook Anda dapat membantu Anda untuk menyadari berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan hal-hal yang tidak bersifat konstruktif.

Langkah 2

Tentukan tujuan Anda ber-Facebook. Membuat sebuah daftar dari apa yang benar-benar Anda inginkan. Apa alasan Anda sign up di Facebook? Mungkin supaya Anda bisa mengingat hari ulang tahun teman Anda? Menemukan teman lama? Menemukan orang yang memiliki hobby sama? Apapun tujuan Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda mencurahkan waktu Anda di sana untuk menyelesaikan atau mengerjakan tujuan-tujuan tersebut, daripada keluar dari jalur yang tidak membawa Anda kepada hasil apapun. Jika Anda tidak memiliki tujuan apapun (contohnya: Jika Anda sign up hanya karena Anda tidak memiliki kerjaan lain), lewati saja langkah berikutnya.

Langkah 3

Buat dan ikuti jadwal kegiatan Facebook. Setelah tujuan-tujuan facebook tercapai, catatlah, berapa banyak waktu dan frekuensi yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Kemudian catatlah jumlah jam per minggu yang seharusnya Anda habiskan di Facebook. Jika kelihatannya terlalu banyak, sesuaikan aktivitas Anda. Mengikuti jadwal mungkin akan bisa mengatasi kecanduan Facebook Anda tanpa mengharuskan Anda berhenti.

Contohnya:

  • Tetap terhubung dengan teman kuliah – cek setiap hari, habiskan tidak lebih dari 15 menit untuk merespon pesan hanya dari teman kuliah (1 jam per minggu).
  • Mengurus Group – Cek setiap pagi dan malam masing-masing selama 10 menit, hanya untuk menghapus spam atau junk. Ingatkan diri Anda: jangan merespon postingan-postingan yang ada, memberi komentar atau mengirim pesan selama sesi ini (2 jam, 20 menit per minggu).
  • Menjaga agar group tetap menarik – Habiskan 30 menit setiap hari membaca semua komentar dan repon. (2 jam per minggu).
  • Mencari teman baru – Lihat-lihat profil 30 menit, dua kali seminggu ( 1 jam per minggu).
  • Total waktu maksimum yang Saya rencanakan untuk kegiatan Facebook: 6 jam, 20 menit.

Langkah 4

Pikirkan hal lain yang dapat Anda lakukan jika Anda menghabiskan waktu di Facebook. Jika Anda menghabiskan, katakanlah 10 jam per minggu di Facebook, maka buatlah sebuah daftar hal-hal lain yang dapat Anda lakukan dengan waktu tersebut. Anda dapat:

  • Mengambil pekerjaan part time dan menginvestasikan hasilnya pada stock.
  • Mengajari anak Anda bagaimana bermain bola.
  • Melakukan fitness.
  • Mencari pacar.
  • Membaca buku.
  • Belajar bahasa Inggris.
  • dll.

Langkah 5

Tinggalkan Facebook. Jika Anda sudah membuat jadwal dan tidak dapat mematuhinya, atau Anda telah memutuskan bahwa waktu yang dihabiskan di Facebook itu percuma, mungkin Anda perlu meninggalkan dan stop dari Faceboo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar