Kamis, 22 April 2010

Microsoft Windows Vista adalah sebuah sistem operasi yang unik

Microsoft Windows Vista adalah sebuah sistem operasi yang unik. Hal ini baru dapat kita rasakan apabila kita telah menggunakan sistem operasi ini. Banyak hal-hal baru yang akan kita dapatkan dari fitur-fitur terbaru yang terdapat di Windows Vista. Mungkin banyak opini orang yang mengakatakan bahwa windows vista adalah sistem operasi yang buruk. Tetapi setelah saya menggunakannya, ternyata yang saya rasakan tidak demikian. Dalam tugas sistem operasi ini akan saya bahas mengapa saya mengatakan windows vista adalah sistem operasi yang cukup bagus.
Windows Vista yang saya gunakan dirumah adalah Windows Vista Ultimate version. Mengapa saya memilih menggunakan Windows Vista Ultimate version, hal ini disebabkan karena versi inilah yang memiliki fitur paling komplit dari seluruh versi Windows Vista. Saya akan mulai dari penginstalan, pada Windows Vista pada saat penginstalan anda dapat langsung melakukan pempartisian hardisk sesuai yang anda inginkan. Waktu yang dibutuhkan untuk menginstal Windows Vista tidak terlalu lama, tidak lebih dari 30 menit. Setelah saya menginstal Wndows Vista, saya menginstal driver yang dibutuhkan motherboard dan kartu grafis dan hal yang saya temukan adalah hal yang sangat mengejutkan. Tidak seperti Sistem Operasi yang lain, Windows Vista dapat memilih driver yang mana saja dibutuhkan dan tidak (mungkin hal ini dikarenakan ada beberapa driver yang apabila dipakasakan akan menyebabkan crash pada sistem). Setelah penginstalan penuh maka kita akan merasakan banyak hal yang membuat sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi yang lain. Hal pertama yang akan muncul adalah welcome screen, disini kita dapat melihat score komputer kita (terlebih dahulu harus di update). Ketika saya melihat score yang diperoleh komputer saya, saya sangat terkejut karena hanya bernilai 5.0 (padahal spesifikasi komputer saya lumayan loh…). Ternyata ketika saya membaca keterangannya ternyata nilai 5.0 adalah nilai minimum untuk merasakan seluruh fitur Windows Vista (T.T). Saya akan menyertakan daftar spesifikasi saya agar anda bisa membayangkannya. Processor Intel Core 2 Duo E6320 1.86 Ghz (Score 5.0), Kartu Grafis ATI Radeon X1950 256 Mb GDDR3 (Score 5.9), Memory Patriot Extreme Dual Slot 2 x 1 Ghz (Score 5.8), dan Harddisk Western Digital 250 Gb SataII 8000 Rpm (Score 5.8). Setelah anda melihat spesifikasi komputer saya dapatkah anda bayangkan spesifikasi yang dibutuhkan untuk mencapai score 7.0 atau 8.0 ? (Bingung kan…).
Setelah saya melihat score komputer saya, hal yang saya lakukan adalah melihat performa komputer saya. Dan lagi-lagi saya dibuat terkejut oleh sistem operasi ini, hal yang saya temukan adalah Free Physical Memory yang terdapat didalam komputer saya adalah 0 (nol) padahal saya tidak sedang membuka aplikasi apapun. Kemudian saya bertanya-tanya “Kemana perginya physical memory saya sebanyak 2042 Mb ?”. Setelah saya selidiki, ternyata windows vista mengoptimalkan penggunaan physical memory untuk kartu grafis (Kartu grafis saya yang tadinya hanya memiliki memory sebesar 256 Mb sekarang menjadi 1024 Mb) dan proses yang dibutuhkan sehingga tidak akan ada memory yang terbuang percuma. Tetapi hal yang dilakukan oleh Windows Vista ini cukup aneh, hal ini dikarenakan kartu grafis yang saya gunakan tidak memiliki teknologi Hypermemory lalu bagai mana caranya Windows Vista dapat meningkatkan Memory pada kartu grafis saya ? (Cukup mencurigakan ya…). Sebenarnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Windows Vista sangat mensuport HDT (High Definition Technology).
Sekarang saya akan membahas fitur-fitur yang telah saya coba gunakan pada Windows Vista Ultimate Version ini. Fitur yang pertama kali saya coba adalah Windows Media Center dan… Wow !!! Media center yang ditawarkan oleh Vista ternyata memiliki sangat banyak fungsi dimulai dari extended utility untuk home entertainment, burning, sampai maintenance (lho kok aneh ya, ada maintenance komputer di media center ??). Kemudian Fitur Lainnya adalah Windows Media Player 11, Windows DVD Maker, Internet Explorer 7, Windows Aero, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk keamanan Windows Vista memberikan Windows Defender, BitLocker dan Local Security Policy. Ada satu hal yang unik dari Windows Vista Ultimate, yaitu Windows Vista versi ini dapat menghandle beberapa Antivirus sekaligus melalui Windows Defender. Sedangkan BitLocker adalah Fitur yang digunakan untuk mengencrypt data pada hardisk, yang sayangnya saya sendiri tidak dapat menggunakannya karena harddisk yang dapat di encrypt hanya harddisk yang support dengan teknologi tersebut. Sekian mengenai fitur yang terdapat didalam Windows Vista yang saya bahas dalam karya tulis ini. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar